Sunday 12 April 2015

Life Lesso #101. Jujur

Satu pesan bokap yang gue inget bgt ampe hari ini adalah utk selalu berlaku jujur dan selalu membalas kebaikan org lain dengan kebaikan jg. Kata bokap org yg jujur insya allah jalannya lapang. Pesen bokap ini jd pegangan gue,walopun ga gitu2 bgt . Buktinya gue masi nyontek waktu ujian dulu huehehehe 

Waktu jaman masi kuliah dl gue ga ngerasa gimana banget soal jujur ini, ga perlu bgt menurut gue mah. Kalo soal membalas kebaikan nah ini berasa sulit, soalnya sedari masa muda gue udh ngalaman inferiority complex alias minderan. Akibatnya adalah terkadang gue berbuat jahat sama orang lain. Contohnya ama sodara gue yg dulu menurut gue suka nyelak, gue pernah keceplosan bilang "ga usah sok baik or sok ngerasa lo jd bagian dr idup gue deh. Kemana aja lo waktu gue ga pny kerjaan?" 

Baru setelah melanglang ke beberapa tempat dan kemudian menikah dan punya anak gue mulai sedikit berubah. Menerapkan hidup jujur ke anak gue karna gue ga mau doi boong ama gue atopun sama lingkungannya, dan gue merasa banyak pertolongan yg gue terima yg membuat gue harus meneruskan/membalas kebaikan itu. 

Bukan soal gimana gue mencoba nerapin prinsip itu yg mau dibahas, tp soal yg lain. Ada dua kejadian yg membuat gue inget pesen bokap. Dan gue cerita tanpa maksud mau ngumbar aib org ape gmn, pokoknya tarik hikmah nya sebelum narik tali kolor.

Oke barusan itu sungguh najong, abaikan.

Sebut saja si X, karirnya menurut gue sukses. Sampai dia bs membangun rumah utk keluarganya, menikah dan bentar lg mau punya anak. Satu hari si X pinjem uang pada temennya yaitu Y dengan alesan usngnya lg di pinjem si Z dan sekarang dia ga punya uang. Dan si X,Y,Z ini sudah berteman puluhan tahun. Si Y hampir saja mau meluluskan permintaan si X tapi di sisi lain dia ga mau jg kalo uangnya si X ga balik. 

Jadi satu hari si Y memanggil si Z dengan maksud agar si Z mau ngembaliin uang yg dia pinjam. Dan drama pun dimulai. Dari pengakuan si Z didapat info kalo doi ga punya utang sama sekali pada X, dan dia ga ngerti kenapa X ngomong gitu. Karena mendapatkan pengakuan yg berbeda, Y memanggil X juga. Dan dari pertemuan itulah baru diketahui bahwa selama ini X berbohong sama Y. 

Drama belum berakhir, beberapa waktu kemudian terbukalah sebagian cerita bahwa ternyata si X ngomongin Y, Z behind their back. Dan puncaknya adalah Y kedatangan debt collector yg menagih utang si X.  Y yang merasa kemanannya terganggu menemui kembali di X utk menyelesaikan masalah ini. Tetapi X malah seperti linglung dan seperti tidak mau menyelesaikan masalahnya. 

Sampai saat ini masalah antara X dan Y belum selesai, gue sih berharap Y ga di datengin para debt collector lagi dan si X mendapatkan ganjarannya.

Moral of the story 

1. Jujurlah pada diri sendiri. Alter ego cukup di ig, path, twitter or facebook. Kalau memang ga mampu ga usah maksain ato memampukan diri. Lo akan ngumpet sana sini, nutup sana sini sampe akhirnya orang lain benar-benar ga bisa ngeliat apa yg lo bilang itu beneran ato bukan. Dan lo akan di cap sebagai orang sakit jiwa
2. Never bite the hands who feed you. Temen-temen yg lo curhatin, lo jadiin tempat sampah adalah teman yg baik. Jangan pernah sekalipun lo ngomongin mereka dibelakang, atau merugikan mereka. Kelar idup lo!
3. You will always carry that hole in your heart where you keep all those lies and shit. Remember, past life always chase you like a ghost. So hang in there!

Penutup, kenapa gue ceritain ini?karena korban-korban si X adalah teman-teman deket gue sendiri. Orang-orang yg selalu ada buat gue, dan gue ga rela hidup mereka jd susah cuma karna ada satu kutu yg nyusahin. Gue bakal bertindak lebih lanjut kalo si X sama sekali ga ada itikad baik utk memenuhi kewajibannya.

No comments:

Post a Comment